Home > Articles > Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan

October 18, 2006 Leave a comment Go to comments

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium, dsb untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.[download pdf version]

About these ads
  1. November 7, 2007 at 2:32 pm | #1

    manajemen sebagai salah satu kunci tercapainya cita-cita pendidikan, karena dengan manajemenlah semua bisa terarah dan terprogram dengan jelas dan didukung dengan SDM yang kapabel dan sarana prasarana yang menunjang.

  2. dee
    December 13, 2007 at 10:01 am | #2

    thanks… ada tugas soal manajemen pendidikan

    btw, what is the difference: manajemen pendidikan ama administrasi pendidikan ???

  3. MURDANI
    January 20, 2008 at 5:17 am | #3

    KAMI MENGHARGAI TENTANG PENDAPAT ANDA PADA MANJEMEN PENDIDIKAN

  4. kiky nono
    January 22, 2008 at 2:34 am | #4

    pendidikan sangatlah perlu dimanajemen dengan baik.

  5. IPPY
    February 12, 2008 at 6:06 am | #5

    thanks banget, tugas manajemen gue terbantu

  6. sari
    February 28, 2008 at 3:07 am | #6

    gw bingung, antara manajemen pendidikan dan manajemen pengajaran. apa bedanya ya…..?

  7. iie
    June 25, 2008 at 12:00 pm | #7

    Tolong info. nya tentang referensi tentang RUMAH SINGGAH

  8. July 20, 2008 at 1:57 am | #8

    saya mau menanyakan pada tahun 2003 biaya satuan para siswa atau unit cost di SD adalah Rp 200 rb /tahun dimana 80% gaji guru
    5% untuk tenaga admin
    6% untuk material
    4% untuk buku teks
    3% untuk tata usaha
    2% untuk Supevisi pengajuan.
    Dengan nilai difinitif kebutuhan perencanaan pendidikan yang baru disahkan pad tahun 2005 dengan harapan hanya unit yang berbeda di level SD akan meraih poin Seperti ini
    A. Gaji guru 60%
    B. Tenaga Admin 55%
    C. Material 3%
    D. Tu 10%
    F. Supervisi Program Pengajaran 150%

    Berapa Total biaya unit disekolah tersebut pada tahun 2005?
    Tolong dijawab yach…makasih atas bantuannya

  9. July 20, 2008 at 9:26 am | #9

    manajemen memang merupakan jembatan yang menghubungkan niat dan tujuan. dengan manajemen, maka niat dapat diarahkan pada tujuan yang hendak dicapai. semakin bagus manajemennya, maka niat semakin jelas arah ketercapaiannya

  10. Widana Putra
    August 3, 2008 at 1:16 am | #10

    Saya mau kenalan dengan romy, yang telah mengirimkan komentarnya pada blog ini pada tanggal 20 Juli 2008.
    KIta tampaknya memiliki ketertarikan yang sama pada bidang perencanaan pendidikan. Tapi tampaknya mas romy memiliki data yang lebih lengkap.
    Saya seorang mahasiswa Pasca Sarjana Bidang manajemen Pendidikan, sednag menulis Thesis. Dengan kajian unit coast. Kalau kebetulan mas romy baca postingan ini, mohon dibalas, ke e-mail saya. Saya berharap mendapat tambahan materi dari anda.
    Dan saya bersedia menanggung biaya penggandaan dan jasa penyimpanan untuk mas romy. Terimakasih.
    widana_putra@yahoo.co.id

  11. August 28, 2008 at 3:31 pm | #11

    mohon bantuannya administrasi apa saja yang harus di persiapkan oleh seorang manajemen pendidikan

  12. farah dini y
    August 30, 2008 at 3:17 pm | #12

    Saya seorang guru sma akan mengabil program S2 MP. saya ingin brgabung dengan mas romy. mohon bantuannya persiapan awal dan nara sumber apa yang wajib saya pelajari.

  13. PUTRA
    September 23, 2008 at 5:57 am | #13

    ASS, TERIMAKASIH ATAS INFONYA YANG SANGAT MEM-
    BANTU INI. SAYA IRWAN, BEGINI SAYA INGIN MENA-
    NYAKAN MASALAH GAJI GURU YANG BERSERTIFIKASI..
    APAKAH INI TERUS BERKELANJUTAN SAMPAI 2012?
    KARENA S1 SAYA KELUAR SEKITAR TAHUN 2011..
    DAN SAYA INGIN SEKALI MENGIKUTI SERTIFIKASI.
    MOHON TANGGAPANNYA

  14. melda
    September 27, 2008 at 8:17 am | #14

    saya mau menanyakan,
    bidang garapan manajemen pendidikan di tingkat sekolah yaitu tatalaksana pendidikan,bisa anda membantu saya??

  15. fahrizal
    November 2, 2008 at 4:33 pm | #15

    manajemen pendidikan adalah suatu lembaga yang mengatur sistematika pendidikan, baik pendidikan formal dan non formal.

  16. November 7, 2008 at 4:02 am | #16

    Saya beserta saudara baru saja membuka sebuah lembaga kursus.
    apa saja sih yang harus saya persiapkan agar lembaga kami ini bisa berkembang (bertahan).

    atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

  17. February 2, 2009 at 4:26 am | #17

    Manajemen berfungsi merencanakan,mengkordinasikan,memimpin, dan mengendalikan suatu tujuan yang telah ditetapkan. oleh karena itu manajemen pendidikan perlu dirumuskan dengan matang sehingga tujuan pendidikan yang ditetapkan baik tingkat pusat sampai pada tingkat sekolah dapat tercapai dengan baik, sehingga pada gilirannya mutu luaran setiap jenjang pendidikan tercapai sesuai yang diharapkan

  18. tongsam
    February 3, 2009 at 6:22 am | #18

    Buwat direnungkan…?

    apa beda administrasi dan manajement

    luas mana cakupannya? hayoooouuuu para mahasiswa tahu enggak…

  19. ismiyhadi
    February 4, 2009 at 1:35 am | #19

    mas thx yo. pas lagi butuh nyari manajemen sekolah nih untuk tugas ppl. pas pisan euiooii
    auoooooo

  20. Rifqie
    February 13, 2009 at 12:03 am | #20

    Salam Kenal Mas….
    Maaf sebelumnya… blog mas khoirul ku add ke bloroll ku. Ku pengen banyak mendapatkan inspirasi dari tulisan-tulisan mas…. Trims.

  21. February 21, 2009 at 6:27 am | #21

    makasih makalahnya…
    semoga manfaat

  22. iwan
    March 19, 2009 at 8:27 am | #22

    saya dpt tugas ontologi manajemen pendidikan,..apa sih saya nga ngerti, thanks atas bantuanya

  23. thatha
    April 23, 2009 at 7:47 am | #23

    sayang masih banyak yang belum paham tentang pentingnya manajemen pendidikan, makanya mutu pendidikan kita masih jelek

  24. purwidi
    May 27, 2009 at 2:43 am | #24

    Pengertian, pemahaman manajemen pendidikan
    penting buat semua yang terkait dengan dunia
    pendidikan. kembali ke love of wisdom untuk
    meningkatkan mutu pendidikan POAC Oke…

  25. July 22, 2009 at 3:38 am | #25

    saya mau tanya manajemen pendidikan yang benar/ harus di siapkan itu seperti apa.Dan Kalau bisa tolong di beri contoh karena saya sendiri belum tahu manajemen pendidikan.Saya kuliah jurusan ekonomi pembangunan tapi karena ingin tahu jadi tolong dijelasin ya….terimakasih atas jawabannya saya tuggu.

  26. August 6, 2009 at 8:33 am | #26

    Saya inginmemperbaiki administrasi sekolah, dari mana mulainya,karea sekolah yang saya pimpin sudAH cukp besar tapi administrasinya kurang rapi

  27. baiq
    August 21, 2009 at 4:40 am | #27

    manajemen yang memiliki syarat kulitatif dan kuantitatif

  28. berty
    September 9, 2009 at 3:45 am | #28

    aku dpt tgs dr dosen nih,, suruh cari definisi dan fungsi manajemen pendidikan, bg yg mw bantuin tlg ya reply k email ak di : im_liberti@yahoo.co.id mksh banget sblmnya

  29. SAPTO
    September 15, 2009 at 4:33 am | #29

    TERIMAKASIH, AKU LAGI DPT TUGAS

  30. A. Fatoni
    October 8, 2009 at 4:12 am | #30

    boss, your opinion is good. but i will ask you. are education management concept has private concept? or take from marketing management concept? if it’s take from marketing management concept, are same between marketing management and education concept?

  31. ai
    October 15, 2009 at 10:47 am | #31

    managemen pendidikan itu kan ada beberapa bidang, nah kalo bidang kurikulum itu yg giman yach..? dimohon penjelasannya yg rinci, dituunggu loch…

    • irawan
      October 27, 2009 at 7:35 am | #32

      ruanga lingkup manajemen pendidikan itu bagaimana ?

  32. martinus
    October 31, 2009 at 2:36 am | #33

    Saya sedang merencanakan untuk ambil s2 tapi masih bingung antara administrasi pendidikan atau manajemen pendidikan. saya mau tanya, apakah perbedaan keduanya dan yang manakah lebih bagus? terima kasih atas bantuannya.

  33. sahdan
    November 21, 2009 at 6:37 am | #34

    kita belajar tentang mata kuliah murni saja,padahal pengetahuan tentang manajemen pendidikan itu membantu kita menerapkan ilmu di bidang jurusan kita.

  34. lia_
    February 15, 2010 at 11:40 pm | #35

    sy se0r9 mhsiswi d slh satu univ d lmpun9… sbnerny manajemen pndi2kn tu sperti ap.? tln9 d jwb ea…mkasi..

  35. risma
    May 6, 2010 at 11:38 am | #36

    aku risma di yogyakarta . aku belum begitu tahu bagaiman MP ini . padahal saya sudah diterima di Universitas Negri di Jogja . tolong bantu saya untuk mengetahui tetang MP
    terimakasih

  36. fadik
    August 2, 2010 at 9:48 am | #37

    ass. yth mas choirul
    mas saya kebingungan oleh tugas saya,saya mo tanya bagaimana penjelasannya bahwa seorang guru yang bercitarasa managerial dalam memvisualisasikan IMPIANNYA melibatkan 3H.
    tolong penjelasannya mas
    trima kasih

  37. fadik
    August 2, 2010 at 10:29 am | #38

    assalamu Alaikum. yth mas choirul
    mas saya kebingungan oleh tugas saya,saya mo tanya bagaimana penjelasannya bahwa seorang guru yang bercitarasa managerial dalam memvisualisasikan IMPIANNYA melibatkan 3H.
    tolong dengan keikhlasannya penjelasannya mas
    trima kasih

  38. elymius Limbong
    August 6, 2010 at 1:05 am | #39

    sya butuh penjelasan tentang manfaat ilmu manajemen pendidikan dan aktualisasinya serta manfaat yang dapat kita rasakan serta jenjang karir jika mengambil program S2 manajemen pendidikan. thanks bro….

  39. rizza fatimah
    October 8, 2010 at 5:42 am | #40

    apa yang melatar belakangi ada nya manajemen pendidikan ???

    • rizza fatimah
      October 8, 2010 at 5:48 am | #41

      assalamu’alaikum wr.wb…
      minta tolong mas…
      apa yang melatar belakangi manajemen pendidikan ????
      sebelum nya makasi ya mas…

  40. AUREL
    November 24, 2010 at 12:00 pm | #42

    MANAJEMEN PENDIDIKAN

  41. dvik
    November 29, 2010 at 2:32 am | #43

    saia mau nanya suporting unit management itu ap?
    bwad bahan tgas nech…
    mohon bantuannya..

    • Moustaffa
      March 20, 2011 at 2:51 am | #44

      Jangan pakai bahasa “ALAY” dvik

  42. Revh
    March 29, 2011 at 11:18 am | #45

    assalam…
    afwan, sya mau tnya tentang kedudukan manajemen pendidikan itu bgmna ya.???
    tlong di bntu ya, ini tgas mkalah sya…
    trims

    • March 29, 2011 at 1:55 pm | #46

      waalaikum salam..wr. wb
      manajemen pendidikan berperan penting dalam setiap penyelenggaran proses pendidikan mbak. mulai dari tahap perencanaan sampai implementasi. Keberhasilan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara semua pihak (penyelenggara pendidikan, anak didik dll) turut serta dalam proses pendidikan tersebut.
      semoga membantu

  43. Odhot
    April 30, 2011 at 1:34 am | #47

    Assalamu’alaikum…..
    Tolong dibantu ya….

    Apa perbedaan dan persamaannya manajemen pendidikan dengan perencanaan pendidikan?

    • May 3, 2011 at 1:41 am | #48

      Waalaikum salam wr. wb

      Persamaannya adalah keduanya merupakan mekanisme untuk membuat pendidikan lebih baik lagi. Kalau manajemen pendidikan merupakan proses keseluruhan mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai penerapan nilai-nilai pendidikan bagi peserta didik. Manajemen mencakup semua proses yang bersifat holistik. Sedangkan perencanaan pendidikan lebih kepada bagaimana menentukan arah pendidikan yang akan dilaksanakan. Biasanya perencanaan pendidikan ada di awal fase penyelenggaran pendidikan.

      Semoga bisa membantu

  44. May 17, 2011 at 12:33 am | #49

    rimksih banyak atas infonya. semoga bermanfaat.

  45. ari
    June 11, 2011 at 1:12 pm | #50

    tongsam :
    Buwat direnungkan…?
    apa beda administrasi dan manajement
    luas mana cakupannya? hayoooouuuu para mahasiswa tahu enggak…

    ismiyhadi :
    mas thx yo. pas lagi butuh nyari manajemen sekolah nih untuk tugas ppl. pas pisan euiooii
    auoooooo

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: