Home > Articles > Installasi SLES 11 pada RAID

Installasi SLES 11 pada RAID

February 4, 2011 Leave a comment Go to comments

Dear pembaca semua, tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya ketika menginstall Suse linux enterprise server 11 di server IBM x3650 dengan harddisk yang sudah di set menjadi RAID. kebetulan RAIDnya terdiri dari RAID 1 dan RAID 5.RAID 1 (mirroring) akan dimount menjadi /, sedangkan RAID 5 akan dimount untuk data.

Sebelum proses installasi, pembuatan RAID dilakukan melalui WEBBIOS nya IBM. Selanjutnya restart dan menuju proses installasi. Tidak ada hal aneh ketika installasi. Sebagaimana biasa partisi sistem dibuat custom, terdiri dari dua bagian, yaitu / dan /swap, tapi ketika di klik tombol accept muncul warning yang isinya harus ada partisi /boot/efi dengan format FAT. Waduh…error apaan ini (berdasarkan pengalaman, tidak pernah muncul error serupa di RHEL) :D

Akhirnya saya buat partisi /boot/efi dengan format FAT. Tapi apa yang terjadi.., ternyata muncul error yang lain, yang isinya “partisi /boot/efi anda bertype GPT, ada beberapa bios yang belum support, hal ini bisa mengakibatkan gagal booting”…waduh apa lagi ini. Dengan sedikit keraguan, saya coba untuk mengabaikan error tersebut, dan proses installasi pun dimulai. ###################. Setelah selesai, kemudian restart.

Apa yang saya khawatirkan terjadi, server stuck di proses booting ke linux. Langkah berikutnya saya coba install tanpa merubah partisi. Dan there is no stuck anymore. Tapi ini belum menyelesaikan masalah, karena default installasi partisi meletakkan /, /swap dan /boot/efi di RAID 5. Padahal seharusnya OS dan file system diletakkan di RAID 1.

Setelah berkonsultasi kesana kemari, akhirnya muncul ide untuk melakukan partisi di webbios hanya RAID 1 yang akan digunakan untuk / dan filesystem. Sedangkan yang lainnya di partisi setelah OS terinstall.

Alhamdulillah…ternyata cara diatas cukup ampuh dan berhasil. setelah SLES 11 terinstall, kemudian tinggal menambahkan RAID 5 pada webbios agar partisi dikenal oleh SLES 11. Selanjutnya restart server dan jalankan YAST Partitioner untuk membuat partisi sesuai dengan requirement system yang akan diinstall.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: