Home > Fiqh > Bagaimana Jika Makmum Masbuk Mendapati Jamaah Sedang Tasyahud Akhir

Bagaimana Jika Makmum Masbuk Mendapati Jamaah Sedang Tasyahud Akhir

October 13, 2014 Leave a comment Go to comments

Pertanyaan :
Seseorang datang terlambat menuju masjid dimana ketika itu ia mendapatkan jama’ah dalam keadaan tasyahud akhir. Apakah orang tersebut langsung bergabung dengan mereka atau menunggu jama’ah berikutnya ? Apabila orang tersebut bergabung dengan jama’ah saat tasyahud akhir, kemudian ia mendengar jama’ah baru (akan ditegakkan), apakah ia memutuskan shalatnya (dan bergabung dengan jama’ah yang baru) atau menyempurnakannya (bersama jama’ah terdahulu) ?

Jawab :
Apabila ia datang (ke masjid) sedangkan imam pada waktu itu sedang tasyahud akhir, dimana ia mengetahui bahwasannya ia akan mendapatkan jama’ah berikutnya; maka ia hendaknya menunggu untuk shalat bersama jama’ah berikutnya. Karena pendapat yang kuat mengatakan bahwa jama’ah itu tidak didapatkan kecuali mendapatkan (minimal) satu raka’at sempurna.

Namun apabila ia tidak punya harapan untuk mendapatkan seseorang untuk shalat bersamanya, maka yang afdlal ia masuk bergabung dengan jama’ah pertama meskipun dalam keadaan tasyahud akhir. Karena mendapatkan sebagian shalat (berjama’ah) itu itu lebih baik daripada tidak mendapatkan sama sekali.

Apabila ia masuk bergabung bersama imam dengan perkiraannya bahwasannya ia tidak akan mendapatkan jama’ah (yang baru), kemudian (tiba-tiba) hadir jama’ah baru dan ia mendengar mereka shalat, maka tidak mengapa jika ia memutuskan shalatnya dan kemudian bergabung untuk shalat dengan jama’ah yang baru.

Atau bisa juga ia meniatkan shalatnya tersebut sebagai shalat nafilah (sunnah) yang kemudian ia sempurnakan dua raka’at (dan salam). Baru setelah itu bergabung dengan jama’ah yang baru dan shalat bersama mereka.

Dan apabila ia terus melanjutkan dan menyempurnakan shalatnya (dengan jama’ah yang pertama), maka ini pun tidak mengapa. Ia bisa memilih salah satu dari tiga hal yang telah dijelaskan.

Teks Asli

makmum-masbuq-tasyahhud-akhir

makmum-masbuq-tasyahhud-akhir

Dikutip dari abuayaz.blogspot.com

Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: